Jumat, 10 Juni 2016

Nihil_#Edisi Hasil Ngayal

Nihil
Oleh: Desita Wahyuningtias
Punya nama kaya gue itu emang gak gampang. Selalu dibully dan dijadiin kambing hitam. Perkenalkan nama gue Nihil Prasetyo, tapi biasa dipanggil Nihil. Gue gak bohong masalah gue yang sering dibully dan dijadiin kambing hitam meski gue bersekolah di sekolah yang katanya elite.
            Gini nih contohnya:
            “Anak-anak, siapa yang hari ini gak masuk?” tanya guru matematika gue.
            “Nihil bu,,,” seru anak-anak serempak kecuali gue.
            “Bohong bu, saya hadir!” dengan gagah berani gue protes demi nama baik gue. Eh, temen-temen termasuk guru gue malah kompak ketawa
Terus contoh lainnya:
            “Ayo keluarkan tugas kalian!” seru guru fisika gue
            “Maaf bu, saya gak buat. Soalnya kemarin gak masuk.”
            “Jangan bohong kamu! Jelas-jelas di jurnal tulisannya NIHIL.”
            ENG ONG
            SKACK  MAT!
            Dan dengan berat hati, gue harus menjalani hukuman paling bejat yang pernah gue jalani. Nulis ulang tugas yang lalu sebanyak 100 kali. “Kejam bingitz!” teriak gue dalam hati. Akhirnya gue terpaksa begadang dan gak masuk sekolah selama seminggu buat nyeleseiin tugas bejat tadi. Dan hasilnya gue semakin tertinggal dalam pelajaran, gak cuma pelajaran fisika aja, tapi hampir semua pelajaran! “SIAL!” maki gue dalam hati.
            Pingin tau seputar gue yang lain? Klik aja www.nihil.com *hehehe just kidding guys.
Gue cuma mau sharing permasalahan jones atau jomblo ngenes kaya gue. Dimana harapan terbesar gue adalah menghapuskan hari minggu dari penanggalan. Jadi gue gak perlu iri lihat atau denger muda-mudi yang bahas masalah malming atau malam minggu. Karena setelah hari sabtu adalah hari senin yang hanya dihubungkan dengan malnin atau malam senin.
Bukannya gue gak mau usaha buat ngedapetin cewek, tapi emang susah banget dapet cewek dengan muka standar kaya gue. Ditambah keterbatasan uang saku dikarenakan status gue sebagai anak kost. Di situ gue dituntut buat ngirit demi keberlangsungan hidup gue di kota orang.
Pernah suatu ketika gue coba pede kate sama cewek yang cukup cantik menurut penglihatan gue, tapi gue gak berani jamin pendapat elo-elo pada.  Pasalnya penglihatan gue tidak dapat dipertanggung jawabkan. OK. Kembali ke cerita cinta gue.
Cewek yang gue bilang cantik tadi namanya Laila. Dia doyan banget sama yang namanya baca buku, jarang gue liat dia tanpa buku di tangan. Dia juga gak banyak bicara, tapi sekali denger kata-kata yang dia ucapin, gue jamin elo semua bakal diem buat beberapa detik saking kagumnya. Dia tipe orang yang puitis dan analisis, jadi kata-kata yang terucap tu udah tersusun sedemikian rupa sehingga mengandung candu. Gue adalah salah satu korban yang kecaduan sama kata-katanya. Sayang, dia tu susah banget dipancing buat ngobrol. Alhasil, sering banget gue dikacangin. Yah, kira-kira begitulah kisah cinta gue yang gak sempet gue mulai.
****
Setelah setahun melewati hari – hari sulit sebagai bahan bullyan, akhirnya gue bisa bernafas lega karena banyak calon baru yang bisa ditumbalkan. Siapa lagi kalo bukan adek kelas gue sekarang. Anak – anak polos yang biasa kami panggil sebagai peserta didik baru.
Yap! Seratus buat yang sempet mikir bahwa gue anggota OSIS. Kini saatnya mencari tumbal yang sesuai untuk mengakhiri penderitaan gue. *Hahaha, ketawa ala penjahat.
“Nihil, ntar habis ngasih tahu peraturan kegiatan ini, anak - anak jangan lupa diabsen dan diarahin buat ke aula utama. Ada sambutan dari kepala sekolah sebelum malam keakraban.” Ujar ketua OSIS memberikan titah.
“Oke.” Jawab gue singkat. Ini kesempatan awal gue untuk mengenali tumbal yang cocok.
Kalo kali ini belum dapet, toh masih ada malam keakraban yang pastinya mudah banget buat nyari tumbal. Yah, gue sendiri masih heran kenapa dinamain malam keakraban. Padahal kegiatannya mirip kayak penindasan. Penindasan mental yang dilakuin sama kakak kelas bejat yang gila akan penghormatan. Apakah gue termasuk dari kakak kelas yang bejat? Entahlah.
Sampai di kelas yang harus gue dampingi, suasana mendadak hening, sepi dan bagi mereka yang bisa merasakannya bisa gue bilang agak mencekam. Bukan, bukan karena kelasnya angker. Tapi karena ini masih dalam suasana MOPD, jadi adek kelas masih takut – takutnya sama kakak kelas berjas hitam kayak gue, kalian pasti tahulah.
Satu persatu gue panggil nama mereka, dan satu persatu pula penghuni kelas itu mengangkat tangan kanannya sambil ngejawab dengan kata hadir, ada, iya, atau hadirah bagi cewek yang beragama Islam. Gue amati satu persatu wajah mereka, tapi rasanya ada yang ganjil. Seinget gue cewek yang duduk sendiri di bagian belakang itu belum ngangkat tangannya.
“Ada yang belum kakak panggil?” hanya gelengan kepala tanpa suara yang gue dapet. Yah, mungkin gue aja yang salah inget. Setelah peraturan kegiatan selesai gue bacain, akhirnya gue suruh mereka semua buat pergi ke aula, sementara barang – barang mereka tetep tinggal di kelas.
Apel berjalan dengan kondusif meski sambutan dari kepala sekolah yang bertele – tele bikin kaki mengalami kesemutan jangka panjang. Selepas itu, anak – anak digiring ke lapangan untuk mengikuti permainan besar. *Duh kasihan.
Permainan – permainan besar kayak kata berkait, kereta balon, tarik tambang, adu panjang, mencari benda dan perang air diikuti peserta dengan suka cita. Dan permainan paling heboh menurut gue adalah adu panjang dan perang air. Di adu panjang, banyak peserta cowok yang rela ngelepasin pakaian mereka buat jadi kelompok yang menyandang status juara. Sementara di perang air, banyak banget peserta yang ngelakuin serangan secara membabi buta demi kemenangan timnya.
Entah mengapa mereka begitu berantusias, padahal gak ada hadiah selain tepuk tangan dari peserta lain dan panitia MOPD. Atau jangan – jangan mereka cuma pingin ngelampiasin kekesalan dengan cara nyerang temen seangkatan mereka dengan air? Entah, gue gak begitu peduli. Yang jelas setelah ngamatin mereka, gue sukses menemukan anak – anak untuk bahan bullyan menggantikan posisi gue.
****
Malam menghampiri dalam waktu yang singkat, para peserta diminta bersiap tidur sebelum diberlakukannya jam malam. Berhubung gue ditempatin di bidang keamanan, kini gue harus berpatroli dengan mengesampingkan hawa dingin akibat angin yang berhembus.
Di sudut dekat toilet cewek, ada anak yang berdiri membelakangi gue. Karena penasaran, gue samperin cewek itu. Eh ternyata cewek yang tadi gue lihat di kelas yang gue dampingi.
“Kok cuma berdiri aja?” tanya gue mencoba ramah. Maklumlah, dia cukup cantik. Jadi kalo gue dianggep baik, siapa tau aja setelah selesai MOPD dan gue tembak dia, dia jadi mau deh sama gue. *Modus dikit.
“Ehm, aku takut kak. Kakak mau nungguin aku di depan toilet biar aku ngerasa aman?” tanya dia dengan ekspresi polos.
“Oke kakak tungguin, tapi jangan lama – lama ya. Habis ini kan ada jam malam.” Ujar gue mengingatkan.
“Sip!” jawab dia sambil mengacungkan jempol tangan kanannya kemudian lekas masuk ke salah satu bilik toilet. Gue bersiul – siul ringan nunggu dia keluar, ternyata emang gak butuh waktu lama buat dia nyelesaiin urusannya.
“Yuk kakak anter?” tawar gue begitu dia keluar dan hanya disahut dengan satu anggukan serta seulas senyum manis. Di sini gue ngerasa udah jadi pahlawan bagi mereka yang membutuhkan.
Kami berjalan santai dalam kesunyian. Ketika sampai di depan ruangan untuk tempat tidur peserta cewek, ada temen seangkatan gue yang lagi asyik ngobrol.
“Kayaknya ini yang terakhir.” Kata gue merujuk pada cewek yang masih berdiri di samping gue. Kedua temen gue itu menoleh serentak.
“Setaaaaan!” Kata mereka kompak sambil lari terbirit – birit. Tiba – tiba bulu kuduk gue berdiri, dengan hati – hati gue menoleh ke arah cewek yang ada di samping gue.

“Aaaaaaaaaaaa!” Teriak gue syok.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar