Selasa, 07 Juni 2016

Gak adil itu relatif_#Edisi Meracau

Tajam ke bawah, tumpul ke atas. Gak adil itu relatif dan gak cuma hukum kok yang bisa kaya gitu, sikap kalian juga bias jadi ngajarin kaya gitu.....
Oke, gue mulai dari kasus umum bagi yang pernah atau masih sekolah:
Bel pergantian pelajaran baru aja bunyi dan kelas gue waktu itu udah sepi. Bukannya temen-temen gue bisa ngilang dengan kecepatan cahanya, tapi emang udah sepi sejak setengah jam yang lalu karena guru sebelumnya berhalangan hadir dan cuma ngasih tugas.
Tugas yang dikasihpun udah selesai dikerjain sama temen-temen termasuk gue sejak lima belas menit yang lalu. Alhasil kebanyakan dari mereka pada keluar. Entah ke kantin, perpus, mushola atau sekadar ke toilet. Mungkin cuma anak-anak males jalan kaya gue yang masih betah ada di kelas.
Sebelum temen-temen gue berhasil kembali ke kelas, guru selanjutnya udah hadir lebih dulu. Berhubung nih guru disiplinnya kebangetan, atau seenggaknya menurut gue kaya gitu, hal pertama yang dia lakuin adalah ngabsen.
Pasti elo bisa tebak kelanjutan ceritanya. Yup, temen-temen gue yang hari itu bernasib malang dianggap absen sama beliau. Entah yang badung karena ke kantin, entah yang terlalu rajin karena mampir ke perpus, yang kelewat alim karena nongkrong di mushola atau yang sekedar memenuhi panggilan alam di WC kena sanksi yang sama.
Gue enggak tahu apakah absen satu mapel itu bakal mempengaruhi nilai rapor atau enggak, cuma gue agak kesel ketika adegan seorang siswi protes,
“Maaf pak telat, tadi ke toilet habis itu sekalian sholat dhuhur.” Pertama-tama gue tegesin, mereka keluar bukan di jam istirahat dan guru gue yang satu ini paling benci ada yang keluar kelas selain di jam istirahat atau pelajaran olahraga. Kedua, kalau enggak bawa mukena sendiri dan nekat buat sholat dhuhur di jam istirahat, elo harus rela nunggu lama buat dapet giliran atau bisa jadi elo juga bakal telat masuk jam selanjutnya.
Dan elo tahu apa jawaban beliau? “Bukannya saya mau ngelarang, tapi kalau mau sholat dhuhur kan bisa pas istirahat,,,” kata beliau tanpa maksud buat ganti keterangan di absen. Emang bener sih yang beliau omingin, tapi semoga aja beliau cepet inget kalau murid cewek di sini ada dua pertiga dari jumlah total murid, jadi ngantri buat sholat dhuhur di jam istirahat itu melelahkan sampe-sampe banyak guru cewek yang hobi minta izin di jam ke tujuh atau delapan buat sholat dhuhur.
Yang paling bikin gue kesel adalah pertemuan selanjutnya. Waktu itu gak ada yang berani keluar kelas meski udah lebih dari lima belas menit guru gue yang satu itu gak muncul-muncul. Menurut peraturan, harusnya ketua kelas musti manggil beliau. Tapi karena takut keselip di jalan, akhirnya gak ada yang berani manggil. Pas beliau masuk dia langsung minta maaf.
“Maaf bapak telat, tadi ada tamu. Dimaafin gak? Nanti kalian bisa minta tambahan lima belas menit buat gantiin jam yang tadi.”
Hello? Kenapa pas murid yang telat dia gak ditawarin aja buat ngedengerin penjelasan Anda buat ngegantiin waktu keterlambatannya? Yang FAIR dong!!!
Gue enggak tahu siapa yang salah dan yang bener di kasus ini karena emang enggak ada di buku peraturan siswa. Yang pasti hari itu gue BENCI banget ngedengerin ceramah beliau tentang kedisiplinan dan pelajaran beliau tentang keadailan.

Kasus selanjutnya adalah pelanggaran paling dini yang diajarakan keluarga sama kita.
Gue pernah ngehadirin sosialisasi hak anak merdeka. Hal yang paling gue inget ketika pemateri bilang ‘pas anak kecil tanya sesuatu sama orang tua, mereka harusnya ngejawab dan bukannya marahin anak balita mereka karena banyak tanya.’ Nyatanya, gue sering lihat kejadian kaya gitu di sekitar gue. Gue enggak yakin itu pelanngaran hak anak pasal berapa, tapi menurut gue pribadi, hal kaya gitu termasuk pelanggaran UUD pasal 28F.
Kalo itu pas masih kecil, nah kalo udah agak gedean biasanya kasusnya jadi kaya gini: Kalo orang tua udah ngasih pendapat, mau enggak mau kita musti nurut. Tapi giliran kita yang berpendapat, baik pendapatnya bener atau salah, kalau diabaiin kita enggak boleh protes. Bener gak sih sikap ortu kalo kaya gini? Menurut gue sih udah melenceng dari UUD pasal 28E ayat dua sama tiga.
Yah tapi karena pengalaman mereka di kehidupan itu udah banyak, mungkin mereka punya pemikiran sendiri. But, bisa enggak sih kalian jelasin letak kesalahan kita –sebagai anak kecil–. Percuma aja kali kalau kalian nyalahin kita tapi enggak pernah nunjukin letak kesalahan kita, kita gak bakalan bisa berkembang!

0 komentar:

Posting Komentar