Senin, 27 Juni 2016

Kriteria Cerita yang Bagus (Versi Me)_#Edisi Catatan Bahula

Kriteria Cerita yang Bagus
(Versi Me)

Dari hasil hobi ’membaca fiksi’ gue selama bertahun-tahun, gue meringkas beberapa hal yang bikin gue ketagihan buat baca cerita sampai selesai sebagai berikut:
  • Enggak klise/ mainstream, dengan kata lain alurnya enggak mudah ketebak.
  • Kisah yang unik atau cerita umum tapi diceritakan berdasarkan sudut pandang yang berbeda (enggak umum).
  • Ceritanya ringan tapi bermakna.
  • Judul yang mengundang.
  • Paragraf awal yang memikat.
  • Enggak menggurui (karena itu cerita, bukan buku pelajaran).
  • Ceritanya bergerak dan bisa bikin pembaca enggak sadar udah baca berapa halaman
  • Ada kalimat yang ngandung filosofi *ngena di hati. Ini emang enggak wajib, tapi bisa jadi point plus tersendiri.
  • Enggak banyak typo.

Apa yang gue sebutin itu bukan ketentuan mutlak. So, enggak perlu berkecil hati kalo cerita yang udah elo bikin belum sesuai kriteria di atas. Gue sendiri juga masih berusaha bikin cerita yang mendekati selera gue itu. Salam semangat! Selamat berkarya!

Di edisi catatan bahula yang akan datang, bakal ditunjukkan beberapa cara memulai paragraf awal beserta contohnya.
Sabar menunggu ya?! *masih dalam proses pengetikan.

0 komentar:

Posting Komentar