Minggu, 12 Juni 2016

Rumus Tragis_#Edisi Hasil Ngayal

Cerita ini adalah cerita yang gue buat pas pelatihan menulis bulan Maret kemarin. Niatnya mau bikin tulisan ala Chicken Soup, tapi masih enggak tahu juga deh udah memenuhi kriterianya atau belum. What ever-lah, Just write.

Rumus Tragis
Oleh: Desita W.

“Elo pernah nyontek?”
Gue yakin 85% anak sekolah yang diajuin pertanyaan kaya gitu bakal diem sebentar sambil mikir mau jawab jujur tapi ngejatuhin harga diri atau bohong tapi nanggung dosa. Sumpah! Nih pertanyaan ngejebak banget kan?
Tapi sorry, gue termasuk 15% sisanya. Jadi gue belum pernah sekalipun nyontek dan ini 100% jujur. Nah sialnya, gue bukan orang yang mujur. Jadi meski gue gak pernah nyontek, nama baik gue udah pernah tercoreng sampe bikin gue gak pingin masuk sekolah lagi. Gini nih ceritanya:
Pas ujian akhir semester mapel fisika, gue dapet pengawas yang suka banget su’uzdan. Sebelum beliau ngasih soal ujian beserta kertas HVS buat coret-coretan ngehitung, dia selalu tanya “Siapa yang masih bawa hp atau bawa sontekan? Kalau masih ada, silahkan kumpulkan di depan!”
Dan seperti yang elo duga, gak ada yang maju ke depan. Ibaratnya nih, gak ada penjahat yang sukarela masuk penjara. Toh kalau ada yang mau tobat, gak perlu dipamerin di depan umum kan? *Cukup gak jadi nyontek. TITIK.
Berhubung gak ada peserta yang maju, dengan tatapan dingin dan mulut terkunci rapat, beliau langsung bagiin deh tuh soal plus kertas HVS-nya.
Karena gue tipe orang yang suka nulis semua rumus sebelum ngerjain soal, habis dapet kertas HVS, dengan entengnye gue langsung tumpahin semua rumus yang ada di otak gue tanpa mikir ada yang merhatiin gue atau enggak. Nah pas udah selesai menuhin kertas tadi sama rumus, sang pengawas mulai keliling.
Nyampe meja gue, beliau berhenti. Tanpa ngucapin sepatah katapun beliau ngambil kertas HVS tadi, beliau remes-remes tuh kertas di depan gue dan menit selanjutnya telinga gue udah kebakar denger ceramahnya yang gak pake koma. Semua peserta cuma bisa diem termasuk gue.
Terlanjur malu sekaligus dongkol, gue gak ngucapin pembelaan atau sejenisnya dan cuma berusaha konsen ngerjain soal sebisanya meski nyatanya gak bisa bener-bener konsen. Semua soal gue lahap dengan brutal. Begitu selesai, gue langsung keluar kelas. Tanpa ngecek lagi jawaban gue ataupun pamitan sama pengawas tadi.
Endingnya bisa elo tebak. Sejak kejadian itu gue jadi bulan-bulanan temen gue yang bener-bener nyontek tapi gak ketahuan. Meski udah gue jelasin, mereka tetep aja ngetawain kepolosan gue.

Kurang lebih, begitulah kronologinya. Gue harap cukup sekali itu aja rumus-rumus yang gue hafalin susah payah bernasib tragis. Berkat kejadian itu juga, ada satu lagi kebiasaan tambahan sebelum gue ngerjain soal terutama yang hitungan. Gue selalu ngasih tahu pengawas kalau mau nulis rumus di kertas HVS yang disediain, 0_<
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar