Minggu, 01 Mei 2016

Cuma Teori_#Edisi Meracau

Cuma Teori
Selama elo sekolah, pasti bakal sering kan berinteraksi sama temen-temen, baik yang sifatnya sukarela maupun yang sifatnya terpaksa? Nah, ini salah satu pengalaman interaksi gue. Untuk sifat interaksinya, elo tentuin sendiri deh!
Siang itu, selembar kertas baru aja nongol di papan pengumuman. Isinya sih sebenernya simple. Cuma pembagian kelompok buat sejarah bikin ppt. But bagi kelas gue, itu sepadan sama bom atom yang dijatuhin di Hiroshima dan Nagashaki. Sukses bikin kelabakan.
“Kelompok elo siapa aja?”
“Si mawar kelompok bareng siapa?”
“Mau ngerjain kapan?”
Kira-kira percakapan kaya begituan bakal sering elo denger. Gue kasih sedikit bocoran soal percakapan tadi.
Orang yang nanya ‘Kelompok elo siapa aja?’ biasanya lagi nyari, dimana kelompok yang isinya anak-anak pinter.
Orang yang nanya ‘Si mawar kelompok bareng siapa?’ biasanya lagi siap siaga denger kemungkinan terburuk. Asal elo tahu aja, kode ‘si mawar’ itu biasanya buat anak yang nyebelin dan lebih aman buat dijauhin kalau enggak mau ngerasa dongkol. Hampir tiap kelas punya ‘si mawar’ masing-masing.
Sementara yang nanya ‘Mau ngerjain kapan?’ biasanya tipikal orang sibuk. Jadi dia tanya-tanya dulu biar bisa nyesuaiin jadwalnya. Bisa juga orang kaya gini cuma mau mastiin kalau anggotanya –terutama yang aktifis– bisa ngeluwangin waktu buat ngerjain bareng atau enggak.
Ngerjain bareng? Itu sih cuma teori ideal dari kerja kelompok. Emang bisa aja sih jadi kenyataan, asal yang ngerjain adalah kumpulan orang-orang pinter dan rajin nyari nilai.
Tapi berhubung biasanya kelompok itu terbentuk dari campuran orang pinter, sedang dan kurang –dan emang sengaja disetting begitu– jadilah tugas berkelompok itu cuma namanya aja. Ambil contoh aja kelompok gue dengan komposisi sebagai berikut:
1. Si A, salah satu anak dengan nilai-nilai elit tapi susah diajak ngerjain bareng, ditambah tingkat kerajinan dan kreativitas yang rendah.
2. Si B, anak dengan nilai-nilai yang lumayan namun jawabannya selalu sama. ‘Terserah’.
3. Si C, anak yang enggak mau lepas dari Hp ini nilainya cuma disekitaran KKM dan ngobrol sama dia menyangkut pelajaran itu hampir nihil.
4. Terakhir gue, gue gak tahu termasuk tipe yang gimana. Yang jelas gue benci yang namanya tugas hasil copas (copy paste).
Di kelompok gue ini, teori ideal dari ‘kerja kelompok’ enggak berlaku. Pas kita kumpul dengan rencana awal buat ngerjain bareng, realitanya bener-bener enggak efisien. Si A yang cukup gila nilai malah sibuk ngerjain tugas individu mapel lain yang deadline-nya masih dua minggu lagi. Berita baiknya, di udah nyiapin 1 file terkait tugas. Berita buruknya, file itu cuma artikel di internet yang dicopas tanpa sedikitpun unsur editan.
Si C malah terlalu sibuk ngobrol sama temen-temennya lewat sosmed. Kelebihannya, dia mau aja dimintain tolong buat nyari gambar yang bisa ngedukung tugas kita, berita buruknya dia enggak terlalu paham mana aja gambar yang perlu kita cantumin.
Dan berhubung gue cukup deket sama si B, gue minta dia nyari beberapa sumber buat ngelarin nih tugas, lebih tepatnya ngajakin dia ngelarin tugas bareng. Sayangnya dia paling enggak betah baca pelajaran.
finally gue deh yang mesti baca semua sumber itu. Dan karena gue paham terlebih dahulu terkait materinya *secara udah nelen materi seambrek. Gue juga yang mesti ngeringkes dan nyusun tugas KAMI. Plus, berhubung ngerjainnya pake laptop gue. Gue akhirnya juga kebagian tugas buat mempercantik ppt-nya. Lengkap banget kan?!

Ini kerja kelompok dari mananya sih? *Nepok jidat yang korslet.

0 komentar:

Posting Komentar