Cuma Teori
Selama elo sekolah, pasti bakal
sering kan berinteraksi sama temen-temen, baik yang sifatnya sukarela maupun yang
sifatnya terpaksa? Nah, ini salah satu pengalaman interaksi gue. Untuk sifat
interaksinya, elo tentuin sendiri deh!
Siang itu, selembar kertas baru aja
nongol di papan pengumuman. Isinya sih sebenernya simple. Cuma pembagian
kelompok buat sejarah bikin ppt. But
bagi kelas gue, itu sepadan sama bom atom yang dijatuhin di Hiroshima dan
Nagashaki. Sukses bikin kelabakan.
“Kelompok elo siapa aja?”
“Si mawar kelompok bareng siapa?”
“Mau ngerjain kapan?”
Kira-kira percakapan kaya begituan
bakal sering elo denger. Gue kasih sedikit bocoran soal percakapan tadi.
Orang yang nanya ‘Kelompok elo
siapa aja?’ biasanya lagi nyari, dimana kelompok yang isinya anak-anak pinter.
Orang yang nanya ‘Si mawar kelompok
bareng siapa?’ biasanya lagi siap siaga denger kemungkinan terburuk. Asal elo
tahu aja, kode ‘si mawar’ itu biasanya buat anak yang nyebelin dan lebih aman
buat dijauhin kalau enggak mau ngerasa dongkol. Hampir tiap kelas punya ‘si
mawar’ masing-masing.
Sementara yang nanya ‘Mau ngerjain
kapan?’ biasanya tipikal orang sibuk. Jadi dia tanya-tanya dulu biar bisa
nyesuaiin jadwalnya. Bisa juga orang kaya gini cuma mau mastiin kalau anggotanya
–terutama yang aktifis– bisa ngeluwangin waktu buat ngerjain bareng atau
enggak.
Ngerjain bareng?
Itu sih cuma teori ideal dari kerja
kelompok. Emang bisa aja sih jadi kenyataan, asal yang ngerjain adalah kumpulan
orang-orang pinter dan rajin nyari nilai.
Tapi berhubung biasanya kelompok
itu terbentuk dari campuran orang pinter, sedang dan kurang –dan emang sengaja
disetting begitu– jadilah tugas
berkelompok itu cuma namanya aja. Ambil contoh aja kelompok gue dengan
komposisi sebagai berikut:
1. Si
A, salah satu anak dengan nilai-nilai elit tapi susah diajak ngerjain bareng,
ditambah tingkat kerajinan dan kreativitas yang rendah.
2. Si
B, anak dengan nilai-nilai yang lumayan namun jawabannya selalu sama.
‘Terserah’.
3. Si
C, anak yang enggak mau lepas dari Hp ini nilainya cuma disekitaran KKM dan
ngobrol sama dia menyangkut pelajaran itu hampir nihil.
4. Terakhir
gue, gue gak tahu termasuk tipe yang gimana. Yang jelas gue benci yang namanya
tugas hasil copas (copy paste).
Di kelompok gue ini, teori ideal
dari ‘kerja kelompok’ enggak berlaku. Pas kita kumpul dengan rencana awal buat
ngerjain bareng, realitanya bener-bener enggak efisien. Si A yang cukup gila
nilai malah sibuk ngerjain tugas individu mapel lain yang deadline-nya masih dua minggu lagi. Berita baiknya, di udah nyiapin
1 file terkait tugas. Berita buruknya, file itu cuma artikel di internet yang
dicopas tanpa sedikitpun unsur editan.
Si C malah terlalu sibuk ngobrol
sama temen-temennya lewat sosmed. Kelebihannya, dia mau aja dimintain tolong buat
nyari gambar yang bisa ngedukung tugas kita, berita buruknya dia enggak terlalu
paham mana aja gambar yang perlu kita cantumin.
Dan berhubung gue cukup deket sama
si B, gue minta dia nyari beberapa sumber buat ngelarin nih tugas, lebih
tepatnya ngajakin dia ngelarin tugas bareng. Sayangnya dia paling enggak betah
baca pelajaran.
finally gue deh yang mesti baca
semua sumber itu. Dan karena gue paham terlebih dahulu terkait materinya *secara
udah nelen materi seambrek. Gue juga yang mesti
ngeringkes dan nyusun tugas
KAMI. Plus,
berhubung ngerjainnya pake laptop gue. Gue akhirnya juga kebagian tugas buat
mempercantik ppt-nya. Lengkap banget
kan?!
Ini kerja kelompok dari mananya
sih? *Nepok jidat yang korslet.
0 komentar:
Posting Komentar